profil

Foto saya
Cirebon, Jawa Barat, Indonesia

Minggu, 27 Desember 2009

Yu Pilih-Pilih Sekolahmu

Kamu tentu tau pada tanggal 2 Mei,kita sebagai bangsa Indonesia slalu ngerayain hari pendidikan nasional,yup betul banget bahwa dimanapun di seluruh dunia ini pendidikan slalu menjadi hal yang sangat diutamakan entah itu karna alasan buat ningkatin martabat seseorang atopun karna alasan bahwa pendidikan bisa ngebentuk karakter seseorang.

Dalam pendidikan formal seperti sekolah,ada dua hal penting yang ga' boleh dilupain yaitu pendidikan harus bisa menurunkan nilai-nilai yang terkandung di kurikulum yang udah ditentuin en slaen itu pendidikan juga mesti bisa ngebentuk karakter peserta didik agar sesuai dengan prikebangsaan dan prikemanusiaan. Dari statement di atas tentu kamu udah ngerti bawa pendidikan sangat penting buat kamu,ye ga'? hehe..
Jangan Sembarang Pilih

Di SMA,kamu dituntut buat nentuin pilihan jurusan yang akan nentuin bidang apa yang akan kamu fokusin kaya IPA,IPS ato juga Bahasa. Disini yang pertama harus kamu lakuin adalah cari info mengenai perbedaan,kebaikan en keburukan dari ketiga jurusan tsb. Kemudian nentuin minat en bakat yang kamu miliki.

Inget ya,semuanya adalah kamu yang nentuin! Jangan terpengaruh orang laen ato temen-temen seGank kamu lho. Coba renungin baik-baik, jangan sembarang pilih ya!


Menuju Universitas

Survival of fittest (Yang terkuatlah yang akan menang). Percaya hukum alam yang satu ini kan? Berlaku juga lho buat urusan pendidikan. Oops..tapi terkuat di sini ga' ada kaitanya ama fisik,tapi ilmu yang kita peroleh setelah lulus SMA (gituh maksudnya..hehe). Klo ga' kuat dalam memperbanyak ilmu,akan sulit buat ngeraih kesuksesan yang kita impiin sejak kecil.

Lulus SMA..happy,ngerasa puas,coret-coretan seragam sekolah,rambut,muka,tangan,kaki,kuku (mule lebay deh) trus apa lagi?! Bagusss klo kamu mutus merusin sekolah hingga ke jenjang perguruan tinggi.


Tiba saatnya kita membahas tentang hunting kampus. Keren en bonafide.. harus itu! Yah sebab faktor kualitas memegang peran sangat penting pada saat kita mencari pekerjaan.


Keterangan gambar: photo diperagakan oleh model"


Gali Minat, Pertajam Bakat, Teropong Cita-Cita

Tenang,kamu ga' akan salah pilih jurusan klo pilihan udah sesuain minat en bakat kamu. Kuncinya ketekunan,minat en bakat kamu akan berjalan beriringan,sehingga kamu perlu memilih jurusan yang bisa nentuin cita-cita kamu berbakat minat en bakat itu.

Inget,minat en bakat adalah investasi yang semakin lama akan tumbuh besar bersama pilihan studi yang tepat en sesuai keinginan,serta cita-cita kamu.


Data en Informasi

Ini adalah era global,kamu bebas en mudah mencari informasi kapan en dimaannaaa aja. Ga' di surat kabar,kamu bisa lari ke internet. Bahkan,internet adalah keran paling deras buat kamu mencari informasi,baik itu unggulan jurusan yang kamu pilih,daya dukung pengelola studi terhadap pilihan kamu,beasiswa en masih banyak lagi yang laennya.

Emang sih,kadang ga' akan cukup cuma berbekal informasi sebatas tertulis. Keterangan lengkap secara langsung kebutuhan informasi bisa kamu dapetin langsung di pusat-pusat informasi studi di lembaga pendidikan,kampus,ato akademi tertentu. Bahkan pameran-pameran saat ini semakin banyak diselenggarakan sebagai tempat paling pas buat kamu cari informasi pasca ngejalanin UN.

Jadikan smua informasi adalah akurat. Alhasil,kamu pun puas tanpa mudah kepengaruh saran orang lain yang sebenernya ga' banget nguasain informasi.


Biaya

Biaya en lokasi studi ibarat dua mata uang yang sulit di pisahin sebagai pertimbangan kamu. Sebutlah,jika jurusan yang kamu minati di sebuah kampus tertentu sudah sesuai. Ternyata,lokasi jauh dari tempat tinggal.

Sedikit banyak,itu tentu mempengaruhi pengeluaran kamu. Belum lagi biaya studi yang terkait kurikulum ato mata kuliah. Di sebuah jurusan yang banyak metode kuliah praktik en kegiatan lapangan kerap mengharuskan kamu mengeluarkan biaya yang ga' sedikit. En silahkan,tambahin biaya-biaya itu denagan biaya laen macem buku,ongkos,biaya hidup klo harus tinggal di kos..dll.

Tapi,semua itu bukan halangan. Camkan,kamu bukan lagi seorang siswa SMA,melainkan seorang mahasiswa yang mampu hidup mandiri. So,atur manajemen waktu kamu,carilah kerja paruh waktu ato bisnis kecil-kecilan(buat nambal saku kamu yang "bocor") demi kelangsungan studi sebagai masa depan kamu.


Kualitas en Kuantitas Jurusan

Kamu ga' perlu terbebani untuk duduk di PTN atau PTS favorit. Perhitungan kamu kudu mantep,karena daya tampung suatu jurusan di PTN ato PTS favorit tentu berbeda dengan kampus pilihan kamu sendiri yang tanpa seleksi ketat. PTNS/PTS favorit,dengan menonjolkan jaminan kualitas..,daya tampung mahasiswa tentu bakal jadi "kue" rebutan banyak orang.

Untuk itu gali lagi peluang kamu dengan mengukur smua kemampuan. Yang lebih pentig,siapin cadang sekelasnya dengan tetep ngikutin panduan ini sebagai pertimbangan kamu milih studi. Kamu jangan seolah kejebak situasi,lantaran gagal UN akhirnya malah ga' nimba ilmu sama sekali.



Karir en Pekerjaan

Idealnya,kamu bekerja sesuai latar belakang keilmuan. Tapi,berapa banyak sarjana ato insiyur saat ini menganggur ato bahkan banting stir untuk bekerja dibidang laen meskipun jauh dari bidang studinya? Jika demikian,apakah mereka telah salah memilih jurusan? Oh Tentu tidak'. Dengan berkonsultasi dulu bareng ortu kamu,selalu yakinlah,bahwa ga' smua perusahaan saat ini hanya melihat dan membutuhkan kamu semata karna latar pendidikan. Seorang insiyur bisa diperlukan buat berubah menjadi wartawan,psikolog bisa menyulap dirinya sebagai pemandu arung jeram profesional,seorang ahli komputer terpaksa harus menjadi kondektur sampe akhirnya jadi pengusaha rental mobil besar dengan omset jutaan rupiah perbulan.

Zaman terus berubah. Tapi satu yang ga',semangat kamu buat maju melawan perubahan tsb. Kamu seorang calon mahasiswa yang ngerasa udah mampu, berani, serta penuh semangat buat ngejalanin studi? Kiranya, jurusan yang udah kamu pilih saat ini emang udah tepat buat neropong cita-cita kamu.


Selamat nentuin masa depan kamu yaaaaaaa!






terima kasih atas kunjungannyaah




2 komentar:

leo mengatakan...

Anjrit.......
ganti them lagi nih...?
tambah keren aja cuy....

njiegoten.blogspot.com mengatakan...

iya,tapi malah jadi tambah aneh ah le.